Sunday, March 31, 2013

Ilusi Wajah


Face Illusion
Awalnya ngga kepikiran dengan jenis manipulasi foto yang seperti ini, karena biasanya utak-atik Photoshop yang biasa saya lakukan lebih banyak membuat sesuatu yang ngga wajar menjadi terlihat wajar, atau hanya untuk memperbaiki dan meminimalisir kekurangan sebuah foto.

Sampai pada suatu ketika (yang kalo bahasa inggrisnya 'Once upon a time', hehe..), saudara laki-laki saya bilang kalau dia pernah melihat sebuah foto wajah yang konsepnya ilusi tampak depan dan samping. Waktu itu saya belum bisa membayangkan seperti apa foto yang dimaksud. Sampai pada suatu hari (tepatnya baru kemarin) secara ngga sengaja saya ketemu foto ilusi wajah seperti yang dibilang saudara saya itu.

Foto ilusi wajah yang saya lihat benar-benar membuat saya bingung, karena bisa menggabungkan dua sisi wajah yaitu tampak depan dan samping. Memang setau saya konsep sebuah gambar ilusi adalah memuat dua atau lebih informasi yang berbeda dalam satu gambar, sehingga menimbulkan kesan rancu dalam penafsirannya.

Karena penasaran, maka saya pun iseng coba menyatukan dua foto tampak depan dan samping wajah saudara saya itu (yang bersedia menjadi volunteer :p ). Meski ngga butuh waktu yang cukup lama, saya berani bilang membuat foto ilusi seperti ini bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahkan sejak awal mengambil gambar objek wajahnya.

Pencahayaan adalah hal yang sangat krusial dalam penggabungan foto. Dua foto yang ingin digabungkan lebih baik punya tone warna yang sama. Besarnya ukuran foto tentu juga harus disamakan. Dalam membuat ilusi wajah seperti ini, kita harus tau bagian-bagian mana yang dipertahankan dan mana yang dibuang dari masing-masing tampilan (depan dan samping).  

Nah, buat yang suka mengutak-atik Adobe Photoshop, bisa coba membuat foto ilusi wajah seperti ini. Just for fun!

4 komentar:

Bay[u]bay said...

itu buat dan edit sendiri fotonya? bagus!
bisa lihat tampak depan dan samping... bakatnya harus kuat tuh ya,,gabung sana..hapus sini..mantapp!

Budiholics said...

Iya bay, emang bakatnya gue ngobrak-abrik foto orang, hehe..

Kang Wahid said...

Mantep gan, pening liatnya

Budiholics said...

Makasih Kang Wahid, ini juga pening pas bikinnya, :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...