Tuesday, February 28, 2012

Antri Plisss..!!

Mungkin sudah ngga terhitung tulisan yang mengulas tentang budaya antri. Bahkan dulu kelompok musik P-Project (seniornya Project Pop) pernah mengeluarkan lagu berjudul ‘Antrilah di Loket’ untuk menggambarkan gimana suasana orang-orang yang lagi ngantri di loket. Sebenarnya ini bukan budaya baru terutama bagi kita sebagai orang timur yang sangat menjunjung sopan-santun. Pendeknya sih, ngga perlu diajarin lagi kalo ada satu tempat yang diperlukan oleh banyak orang maka aturan yang berlaku adalah bikin antrian, first come first in. Well, itu sih kalo ngga lupa, tapi kalo pun ada yang lupa untuk ngantri, biasanya di tempat-tempat umum yang sering banyak dikunjungi sudah dibikin jalur pembatas agar orang-orang otomatis membuat barisan untuk antrian, misalnya di Bank, Loket PLN, PDAM, pembelian tiket, dan semacamnya.

Tapi kenapa masih banyak yang ngga mau ngantri? Ini mungkin persoalan klasik, seklasik budaya antri itu sendiri. Ego. Ya, tiga huruf itulah yang paling sering bikin orang ngga mau ngantri. Seakan diri sendirilah yang punya kepentingan paling penting daripada orang lain. Apakah tingkat pendidikan juga berpengaruh dalam hal ini? Bisa iya, bisa juga ngga. Kalo orang itu berpendidikan, mestinya dia lebih tau aturan karena sudah biasa memakainya selama di sekolah. Tapi ngga jarang juga gue ketemu orang yang kelihatannya ‘borju’ yang justru ngga mau disuruh ngantri. Padahal asumsinya kan orang kaya masa’ ngga berpendidikan? Jadi ngga selalu tergantung tinggi-rendahnya tingkat pendidikan, tapi semua kembali ke sifat dan ego masing-masing.

Pengalaman gue ‘diserobot ‘ dalam antrian terjadi di beberapa tempat yang berbeda. Yang paling sering adalah saat mengantri di SPBU. Ada-ada aja cara orang mau menyalip antrian. Dari yang langsung motong barisan ke depan, sampe yang mepet-mepet di samping dan tiba-tiba posisinya udah ada di depan kendaraan kita. Biasanya sih kalo yang motong langsung ke depan orangnya pasti punya nyali buat diteriakin banyak orang. Ada yang cuek bebek (entah kenapa ungkapannya begini), ada yang akhirnya malu sendiri dan kembali ke antrian. Nah kalo ketemu yang suka curi-curi kesempatan mepet kendaraan kita dari samping, gue biasanya ngga mau ngalah, sebisa mungkin gue ngga sediain celah buat dia nyalip gue, sambil gue liatin mukanya biar dia jengah, atau kalo perlu dipelototin.

Ada lagi pas ngantri di konter check-in bandara. Biasanya ada aja yang sok penting lalu minta dilayanin duluan. Ini yang gue maksud orang berpendidikan belum tentu sabar disuruh ngantri. Gue pernah pas lagi berurusan sama petugas konternya, eh ada bapak-bapak yang nyela gue dan langsung ngomong ke petugasnya. Waktu itu bapaknya sempat bilang ke gue begini,

“Bentar ya mas ini penting sekali, saya baru ketinggalan pesawat dan musti ke Malang malam ini juga”

So what? Urusan gue? Salah sendiri elo telat makanya ditinggalin pesawat! Kalo ditanya, semua orang juga ngakunya lagi penting..Huh!

Tapi semuanya cuma ngedumel di dalam hati karena waktu check-in gue yang masih panjang jadi kesabaran gue masih bisa diperjuangkan. Lagipula meski gue kesel juga disela begitu, gue berusaha jaga sikap gue. Karena orang itu levelnya bapak-bapak jadi negurnya harus elegan, makanya gue ngga bilang apa-apa tapi cuma naikin satu alis dengan sinis (hehe..cool-cool sadis gitu deh). Untungnya si petugas konter bisa bersikap profesional dengan tetap mendahulukan gue dan menyuruh bapak itu ke bagian pelayanan yang lain. Makanya jangan egois ya pak, udah asal serobot, salah konter lagi.

Suasana Antrian di Sebuah Bandara
 Kalo ngantri di ATM ceritanya malah lain lagi. Idealnya pake ATM sekitar lima menitan, itupun paling lama sepuluh menit kalo dipake buat transaksi transfer atau pembayaran. Tapi ada juga yang suka pake ATM lebih lama dari itu. Entah transaksi apa aja yang dia pake, pokoknya antrian di belakang udah panjang dan dia masih dengan tenangnya bermenit-menit di bilik sempit ATM (heran, kok betah amat ya?). Biasanya hal ini sering terjadi di ATM yang ngga terbuka. Mungkin karena tertutup jadi ngga sadar ada banyak orang yang menunggu, atau bisa juga pura-pura ngga tau karena alasan ketutup pintu. Woy..pintunya dari kaca kali, masa’ ngga keliatan. Gue pernah ketemu yang nyebelin banget kayak gini, terus di depan gue ternyata ada yang lebih sebel lagi sampai dia ngetuk pintu berkali-kali biar yang lagi asyik di dalam ATM cepat menyudahi kegiatannya, apapun itu. Eh tau-tau seorang 'mbak-mbak' nongol sambil bilang,

“Kartu atm saya ketelen, gimana nih?”

What the..?? Dan barisan panjang pun bubar jalan sambil ngoceh-ngoceh ngga jelas. Lama-lama nunggu eh ATM nya ngga bisa dipake juga, mending tinggalin aja. Kasian sih yang kartunya ketelen ngga ada yang nolongin. Tapi ya salah sendiri juga kenapa pake ATMnya kelamaan. Tebakan gue dia nya ngga nyadar kartu ATM udah keluar tapi ngga keburu ditarik, jadinya masuk lagi deh (eh, bener ngga sih?). Makanya mbak, lain kali cepet-cepet telen eh, tarik kartunya, biar ngga keduluan ditelen sama si mesin. Saran gue, kalo sedang pake ATM, batasi transaksinya sampai dua jenis aja, kalo memang masih mau pake, lihat dulu di belakang ada yang lagi nunggu ngga. Kalo banyak yang ngantri, keluar dulu untuk ikut antrian lagi. Intinya mah G-A-N-T-I-A-N.

Yang paling bagus prosedur antri di bank atau beberapa kantor yang memakai sistem tiket antrian. Jadi pengunjung yang datang duluan tentu punya nomor antrian yang lebih kecil alias lebih duluan. Cara seperti ini memang bisa mencegah orang yang sukanya main serobot. Yang akan dilayani adalah yang nomornya dipanggil aja, buat yang ngga dipanggil harap jangan merasa udah dipanggil. Kan ngga lucu kalo mbak-mbak teller-nya bilang,

“Ih, saya ngga manggil kok, serasa aja deh kamu”

Hehe..kebangetan kan kalo di tempat begini masih ngga mau ngantri juga. Siap-siap berhadapan dengan petugas keamanan a.k.a satpam karena dianggap mengganggu ketertiban. Malah bikin malu lagi.

Moral dari tulisan ini adalah jaga ego diri kita masing-masing. Jangan tanya lagi kenapa harus antri, tapi bayangin aja kita yang udah datang duluan tiba-tiba disalip seenaknya sama orang yang baru aja dateng, ngga mau kan? Nah, begitu juga orang lain. Sesuatu yang manusiawi kepentingan kita ingin didahulukan. Tapi yang perlu diingat (yang mungkin kadang lupa) adalah fasilitas umum adalah fasilitas bersama yang bukan hanya kita yang memerlukan. Sekali-kali mau duluan karena sangat mendesak sih boleh-boleh aja. Tapi kalo yang ada di depannya keberatan ya tetap ngga bisa dipaksa. Dan kalo setiap kali ngantri maunya duluan itu sih namanya kebiasaan. Jadi mau di bank, bioskop, loket, ATM, stasiun, bandara atau dimana aja, selalu budayakan antri (masa' kalah sama semut!).

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...