Thursday, November 8, 2012

Clone Photographs

Kelihatannya ngga ada yang spesial dengan foto di samping (tapi kalo ada yang mau bilang bagus juga ngga dilarang kok.. hehe..)
Tampak pada foto, tiga lelaki cute berwajah mirip satu sama lain sedang membaca majalah bareng *duh kompaknya.. >:D<

Eits, berwajah mirip? Kembarkah mereka? Hayo tebak..
Sebenarnya foto itu memang kesannya akan biasa aja kalau orang-orang yang ada di dalam foto adalah bersaudara atau terlahir kembar. Tapi ini faktanya bukan begitu karena sang model (yang ngga lain dan ngga bukan adalah si empunya blog ini) hanyalah satu individu yang sama.

Inilah clone photograph, yaitu suatu jenis foto yang dihasilkan dengan teknik manipulasi untuk memperbanyak objek di dalam foto yang prosesnya dari mulai cara pengambilan gambar sampai editing dengan software komputer (biasanya Adobe Photoshop).

Membuat clone photograph atau foto kloning sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau menurut saya sih, teknik ini masih lebih mudah daripada membuat levitation photograph. Trik utamanya hanyalah pada pemotretan berkali-kali setting/background foto yang sama tapi dengan objek yang berbeda posisinya.

Langkah awalnya adalah menentukan tema kloning seperti apa yang mau dibuat, baru kemudian memikirkan trik-trik berikutnya. Untuk contoh yang paling sederhana bisa dengan memotret berkali-kali suatu ruangan yang sama namun objek yang ingin diperbanyak (dalam hal ini adalah orang) berganti-ganti posisinya, bisa berdekatan ataupun berjauhan.
 
Langkah berikutnya tentu saja adalah menggabungkan beberapa foto itu dengan Photoshop, sehingga menjadi satu foto dengan beberapa objek/orang yang sama di dalamnya. Simpel kan..!

Untuk teknik yang agak sulit adalah foto dengan objek kloning yang saling berinteraksi, sehingga tampak lebih nyata. Cara pengambilan gambarnya diperlukan lebih banyak imajinasi sang model atau bisa dengan bantuan objek tambahan (yang kemudian objek tambahan ini akan dihilangkan). Proses editing foto kloning seperti ini tentunya lebih susah karena harus membuat objek kloningnya seakan saling berinteraksi satu sama lain.

Hal yang paling penting untuk membuat foto kloning adalah pencahayaan yang baik dan sama pada beberapa foto yang akan digabungkan. Karena jika ada perbedaan pencahayaan, maka foto-foto yang digabungkan ngga akan terlihat menyatu. Letak bayangan objek pun harus diperhatikan apabila objek kloning akan diposisikan berdekatan.

Penggunaan tripod pada kamera juga akan sangat membantu pada teknik kloning ini. Selain untuk kestabilan kamera saat memencet shutter, juga agar sudut pengambilan gambar tetap sama, sehingga akan mempermudah pada saat penggabungan foto.

Ada banyak kreasi yang bisa dilakukan dalam membuat foto kloning, jumlah kloningnya pun bisa sedikit atau juga sangat banyak. Kreatifitas tentunya sangat diperlukan supaya foto kloning yang dihasilkan ngga sekedar foto 'memperbanyak' objek saja, tetapi dapat menjadi foto kloning bertema khusus yang benar-benar bagus.

Well, tertarik mencoba foto kloning ini?? Just show your creativity..! ;)

4 komentar:

Adi Chimenk said...

ini agak ribet, harus pake photosop..hehehe

Budi Septiawan said...

Ribet di retouch tapi lebih simpel di ambil gambarnya kok..

Hayroul Achbar said...

iya neh bro. aku juga suka buat clone, pake photomerge di photoshop cs4. tp agak bingung kalo gambarnya lebih dari 2. could u help me, dude? please

Budiholics said...

Wah, Photomerge khusus buat gabungin foto ya? Aku malah cuman pake Photoshop CS2, cara manual gabung2in layer dan ada yang dihapus di beberapa bagian trus disisakan objek orangnya aja..

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...