Monday, June 18, 2012

Bangka : Beautiful Beaches (Again)

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri yang begitu populer
Bagian dari resor di pantai Parai
Sengaja kami ngga menghabiskan waktu sampe sore di pantai Matras karena masih mau lanjut ke pantai Parai Tenggiri yang letaknya ngga jauh dari situ. Dari hasil googling, katanya pantai Parai adalah yang paling populer dan ekslusif di Bangka. Benar saja, berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai Parai memiliki resor dengan hotel bintang 4 yang sudah dikelola dengan baik. Disana terdapat beberapa restoran dan villa untuk menginap bagi para wisatawan. Kelengkapan fasilitasnya membuat pantai ini sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Tapi untuk wisatawan yang cuma mau berkunjung sebentar seperti kami tetap masih bisa masuk tanpa dipungut bayaran kok (hehe..tetep, cari yang murah meriah ajah).

Begitu melihat langsung pantai ini, mungkin banyak kata-kata sifat yang langsung terpikirkan untuk menggambarkan keindahannya. Meski ngga seluas dan sepanjang pantai Matras, pantai Parai juga dipercantik dengan bebatuan alam yang banyak terdapat disana. Mungkin pantai ini bisa jadi surga bagi para fotografer karena begitu indahnya perpaduan pasir, bebatuan dan air laut di sana.

Karena hari sudah sore, kami pun cukup puas dengan sekedar menikmati pemandangan pantai dan hembusan angin laut yang benar-benar menenangkan. Walau bukan fotografer profesional, tentunya kami ngga lupa mengabadikan momen jalan-jalan kami di pantai Parai. Just wanna convince you that we’ve been there.

Bebatuan besar khas pantai-pantai di Bangka
Melihat ini semua memang bikin menenangkan
Wah, siapa yang bisa kepikiran punya gaya seperti ini?
Pantang berhenti sebelum memori kameranya penuh
Pantai Tanjung Pesona
Schedule jalan-jalan di hari terakhir di Bangka adalah ke suatu pantai yang juga terkenal cantik yaitu pantai Tanjung Pesona (wah, dari namanya aja siap-siap menjadi terpesona). Pantai ini ada di desa Rambak, kira-kira 9 kilometer dari kota Sungailiat. Hampir serupa dengan pantai Parai, pantai Tanjung Pesona adalah pantai yang sudah dikelola menjadi kawasan wisata khusus dengan hotel berbintang tiga dan beberapa restoran.

Tanjung Pesona Beach memang mempesona kan
Main ayunan bertiga di pantai itu..Sesuatu banget!
Be here is relaxing - comforting
Untuk masuk ke pantai ini pengunjung dipungut biaya 10.000 Rupiah per orang (eh, kok bayar?). Ya sebenarnya cukup worth it juga kok. Dengan biaya segitu, kita sudah bisa puas menikmati panorama laut lepas dan bebatuan besar yang khas seperti di pantai-pantai lain di Bangka.

Lagipula, pantai ini terbilang cukup rapi. Di sana sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas dan terpisah untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Di sekitar pantai juga dibuat suatu taman dengan arena permainan untuk anak-anak yang teduh karena dinaungi pohon-pohon kelapa, sangat cocok untuk tempat piknik bersama keluarga.

Nikmati pemandangan lautan lepas dan riak ombaknya


No comment but, Heaven
Entah darimana asalnya batu-batu besar ini
Borong oleh-oleh gini jadi berasa turis..(eh, emang iya kan)
Wisata pantai di Sungailiat di hari itu mungkin sudah berakhir, tapi kurang lengkap rasanya kalo ngga jalan-jalan cari oleh-oleh khas Bangka. Kami pun memutuskan untuk berburu oleh-oleh di kota Pangkal Pinang agar bisa langsung ke bandara untuk pulang di sore harinya.

Ada banyak tempat di kota Pangkal Pinang yang menjual oleh-oleh khas Bangka, seperti di Jl. Sudirman dan Jl. A. Yani. Rata-rata toko oleh-oleh menjual jenis makanan yang sama ragamnya, kita tinggal pilih sesuai yang kita suka (dan yang cocok harganya). Mau kerupuk panggang / goreng dari ikan tenggiri asli, getas, siput gonggong, terasi Bangka, kecalo, kerupuk panggang / goreng cumi, atau oleh-oleh dari hasil laut lainnya. Oleh-oleh berupa souvenir pun juga banyak dijual, seperti t-shirt, gantungan kunci, sandal, gelang, dan semacamnya (untuk yang ini musti jago nawar harga dan pilih-pilih toko, karena kadang kita bisa dapat barang yang sama dengan harga yang lebih murah, lumayan kan).

Jadi, tertarik untuk berlibur ke Bangka? Kalo ada rencana kesana, kalian udah tau bisa ajakin siapa, hehe..

Baca yang sebelumnya : Bangka : Awalnya ngga sengaja


2 komentar:

Bay[u]bay said...

wah warning nya berhasil tuh kayaknya..
yuuk ke bangka :)

Budi Septiawan said...

hehe..ya, smoga aja jadi banyak yang mau kesana, biar ada tempat lain yang bisa kayak pulau Bali

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...