Sunday, November 27, 2011

Sekedar Coretan Kecil di Sela Kesibukan

Mungkin ini memang hanyalah sebuah coretan yang gue hasilkan di sela-sela kesibukan gue sehari-hari. Bukan kesibukan secara harfiah, bukan karena gue kerja terus tanpa henti (gue belum jadi manusia setengah mesin kayak gitu kok), tapi maksudnya kesibukan dalam hal pikiran, yang situasinya bener-bener lagi banyak yang dipikirkan (-__-!). Bukan memikirkan hal-hal serius seperti keamanan negara, kestabilan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat (untuk yang itu-itu sudah terlalu banyak yang mikirin, kan), tapi sekedar urusan-urusan kecil yang menyangkut hidup gue sendiri dan segelintir orang yang terlibat di dalamnya. Ga perlu gue jabarkan panjang lebar disini (karena ini hanyalah coretan kecil), pada intinya saat sedang mikirin banyak hal begini, perhatian gue bener-bener teralih dari blogosphere, bahkan untuk sekedar mampir dan main-main ke blog tetangga, apalagi untuk menyumbangkan sebuah postingan yang ga berharga sekalipun. Maka hadirlah coretan kecil ini. 
"Rasanya banyak banget yang ingin ditulis dan diposting, ide-ide itu sekalinya muncul suka keroyokan kayak tawuran di kepala gue."
Ide-ide tulisan di kepala gue harus bersaing sama kuatnya dengan pikiran-pikiran lain yang juga memenuhi kepala gue. Jadilah ide-ide itu akhirnya hanya cukup berpuas diri ‘menginap’ di kepala gue tanpa tau kapan harus bertransformasi menjadi sebuah tulisan di atmosfer yang baru yaitu blogosphere. Memang sesusah-susahnya me-manage orang, lebih susah lagi me-manage pikiran sendiri. Apalagi kalau kita termasuk orang-orang yang pemikir (maksudnya orang yang hal-hal kecilpun juga dipikirin). 

Setiap hari, untuk mulai menjalani kegiatan aja gue sudah berpikir, apa ya yang mau dikerjakan hari ini, dan setiap selesai melakukan sesuatu gue juga pasti berpikir, apa ya yang mau dikerjakan setelah ini. Oke, kedengarannya itu hal positif, tapi gimana kalau situasinya tenyata kecepatan sebuah pekerjaan diselesaikan ga sebanding dengan kecepatan munculnya sebuah pikiran/ide yang baru? Singkatnya gini, belum selesai gue mengerjakan sesuatu, tapi sudah ada pikiran tentang apa yang mau dikerjain selanjutnya. Memang kemudian pikiran itu terjawab, tapi ga lama muncul lagi pikiran sejenis dan begitu seterusnya, hingga saat pekerjaan itu selesai, sudah ada beberapa ide di kepala gue tentang apa yang mau gue kerjain berikutnya. Fenomena apa sih ini??

Pada akhirnya saat gue sedang mengerjakan sesuatu, seringkali gue ngerasa ga bisa fokus, karena pikiran gue bercabang kemana-mana. Gue udah bikin semacam skala prioritas di kepala gue tapi itu hanya membuat beberapa hal kecil jadi terbengkalai dan belum sempat dikerjakan sama sekali, seperti ide-ide untuk blog gue ini (Dan itu sering bikin gue ngerasa bersalah). Kadang gue berpikir 1 hari = 24 jam itu ga cukup untuk ngerjain semua hal-hal yang ada di kepala gue. Pemikiran yang konyol kan. Yah, mungkin gue belum bisa jadi blogger profesional, karena porsi waktu yang gue luangkan untuk merhatiin blog gue masih sangat kecil dibanding kegiatan gue lainnya. Tapi yang pasti ide-ide itu belum hilang dari kepala gue, kalaupun agak terlupakan, gue sudah berusaha mencatat  semuanya begitu ide-ide itu muncul. Mungkin keadaannya akan lebih mudah kalau gue udah bisa manajemen pikiran dan waktu. Hmm..adakah yang bisa ngajarin gue??

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...