Tuesday, January 31, 2012

INDEKOST (II)

Meski enak ngontrak rumah, tapi kan ngga selamanya kita bisa bareng terus sama teman-teman. Apalagi yang beda jurusan. Waktu lulus mungkin beda-beda, ada yang cepat ada yang lambat. Jadi pas personil semakin berkurang, udah ngga memungkinkan ngontrak rumah gede lagi (ngga kuat bayarnya..). So, gue juga pernah nge-kos di satu rumah dengan sepuluh kamar. Isinya macam-macam orang, kebanyakan anak kuliahan dari berbagai jurusan dan angkatan, tapi ada juga yang udah kerja. Ngga semuanya gue kenal, tapi gue sarankan kita harus berusaha kenal semuanya. Karena akan berasa aneh dan ‘kagok’ pas misalnya mau nonton tv bareng-bareng  atau ngantri pakai kamar mandi kalo kita ngga saling kenal sama penghuni yang lain. Ngga ada ruginya juga kan nambah banyak teman.

Biaya kos besarnya beragam, tergantung bagus-ngga nya dan fasilitas yang diberikan. Ada yang sudah termasuk listrik dan air, ada yang musti bayar sendiri. Kalo nyewa satu kamar tidur dengan kamar mandi sendiri bisa jauh lebih mahal daripada kalo cuma nyewa satu kamar tidur yang kamar mandinya dipakai sama-sama penghuni yang lain. Kalo kalian termasuk orang yang ribet dengan masalah mandi , mendingan sewa yang ada kamar mandi di dalam. Apalagi kalo tipikal yang ngga sabaran ngantri dan mudah risih dengan ketidak-bersihan. Kita bisa aja selalu jaga kebersihan kamar mandi, tapi ada aja penghuni lain yang cuek dan jorok, jadi ya musti dimaklumi aja.

Beberapa kos-kosan menyediakan fasilitas ‘bicuc’ (bibi cuci) alias laundry, tentu dengan biaya kos yang lebih mahal. Tapi kalo gue sih lebih milih nyuci baju sendiri aja. Lebih hemat, uangnya bisa buat yang lain, lebih ada seninya lagi (Apa coba?). Ngga ada ruginya kok nyuci baju sendiri, kita jadi lebih kira-kira kalo pake baju, sehari ngga beberapa kali ganti, bahkan ada teman yang suka pakai pola side A-side B (hihi..joroks!). Pembayaran uang kos bisa bulanan atau tahunan. Biasanya kalo dibayar langsung setahun hitung-hitungannya akan jauh lebih murah daripada bayar bulanan. Untuk tarif, biasanya kos-kosan dekat kampus atau sekolah akan lebih murah, apalagi kalo di sekitar situ juga banyak kos-kosan yang lain, jadi tarifnya lebih bersaing.

Kos-kosan ada yang khusus cewek, khusus cowok, ada juga yang nyampur (Maksudnya bukan cowok-cewek boleh tinggal sekamar, tapi satu rumah/kompleks kos penghuni kamarnya ada yang cowok dan juga cewek). Biasanya kos-kosan untuk anak kuliahan juga punya peraturan tertentu, misalnya menerapkan jam malam. Tapi ada juga kos-kosan yang ngga banyak peraturannya.  Siapa yang ngga memimpikan kebebasan saat baru mau mulai nge-kos. Minimal udah jauh dari rumah bisa pulang-pergi kapan aja, bangun tidur sesiang mungkin, bawa teman siapa aja (atau bahkan ..pacar?).

Justru menurut gue di situlah tantangannya nge-kos. Kita diberi kebebasan yang ngga terbatas, tapi sekaligus harus bisa mempertanggung-jawabkannya. Boleh bebas asal jangan bablas. Meski selama gue nge-kos gue sering pulang malam dan bebas main kesana-kemari, tapi gue ngga pernah bertindak melebihi batas norma (Ehem..) Gue ngga pernah lupa amanat dari ortu kalo gue dikirim jauh-jauh dari rumah tugasnya untuk belajar. Gue menghargai kepercayaan mereka melepas gue untuk hidup sendiri, dan gue ngga akan menyia-nyiakan kepercayaan itu.

Kadang pihak orang tua ngga mempercayakan anak-anaknya kuliah di luar kota karena kuatir anak-anaknya jadi ngga bener dan ngga beres kuliah. Mungkin mereka begitu karena melihat beberapa kasus yang terjadi pada anak orang lain. Kalo anak cewek ada yang ‘tekdung’ duluan, kalo anak cowok pulang-pulang bawa istri (kawinnya entah kapan), kasus nge-drugs, etc lah. Tapi kan ngga semuanya begitu. Lah, kalo si anaknya emang mau bandel, ngga musti nunggu dia tinggal jauh dari rumah, pas tinggal seatap sama orang tuanya juga bisa. Lagipula, semakin dilarang biasanya justru anak-anaknya semakin penasaran (pengalaman gue, hehe..). Para ortu mustinya jangan ‘parno’ duluan. Menurut gue sih itu justru nunjukin kalo sang ortu ngga percaya sama anaknya sendiri. Kalo mereka kenal betul sifat anak-anaknya dari kecil, mustinya mereka ngga perlu kuatir, asalkan jangan lalai juga untuk selalu mengontrol anak-anaknya dari jauh. Yang paling penting komunikasi ortu-anak tetap harus dijaga. Sang ortu tau perkembangan anaknya, si anak tau kalo sang ortu memperhatikannya.

Lanjut ke : INDEKOST (III)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...