Tuesday, January 31, 2012

INDEKOST (I)

Pernah punya pengalaman nge-kos? Atau pernah main ke kos-kosan teman? Gue rasa hampir rata-rata orang Indonesia usia belasan dan dua puluhan pernah punya pengalaman tinggal di kosan, terutama anak kuliahan. Memang istilah kos-kosan paling akrab bagi orang Indonesia untuk menyebut  suatu tempat tinggal sewaan yang bentuknya terdiri dari beberapa kamar, sehingga penghuninya pun ada bermacam-macam orang. Kadang si empunya kos tinggal berdekatan dengan kos-kosannya, atau kadang pula ngga. Bukan cerita baru memang. Meski rata-rata orang yang pernah nge-kos punya pengalaman yang hampir mirip, tapi kalo ngga pernah mengalami sendiri tetap aja ngga akan tau enak-ngga-nya nge-kos.

Itu kenapa saat gue mulai masuk usia kuliah, gue mantap pengen kuliah jauh dari rumah. Bukannya ngga suka tinggal sama ortu, apalagi ngga sayang sama mereka, tapi hanya karena ingin ngerasain juga gimana serunya nge-kos. Apalagi ketiga sodara gue lainnya semua kuliah di Bogor, masa’ gue sendiri kuliah yang deket-deket aja. Ngga adil dong, ngga bebas kan jadinya..(hehe..dasar badung ya?). Tapi sebenarnya saat itu gue juga ngga mau maksain, kalo kondisinya ortu ngga ngasih ijin, gue juga akan nurutin mereka. Toh, mereka juga kan yang akan ngeluarin uang buat biayain gue. Tapi ternyata kemudian gue keterima di salah satu PTN di Bogor, yang nota bene sodara gue juga ada yang lulusan sana, jadi ya tanpa gue paksa pun ortu ngasih ijin anaknya yang paling bontot ini kuliah jauh dari rumah.. ^_^

Emang sih, Bogor lagi-Bogor lagi. Mungkin ortu gue bingung, entah kenapa anak-anaknya jodoh sama kota hujan itu. Tapi emang kenyataannya kami pada kuliah di Bogor, dengan waktu yang hampir ngga berjauhan.  So, meski ortu ngerasa punya empat anak yang pasti pas masih kecil pada ngerepotin dan bikin rame rumah, eh pas gedenya malah pergi dan bikin rumah sepi lagi (balik modal katanya). Untung aja pas gue mau ke Bogor, kakak perempuan gue udah beres kuliah, jadi dia balik lagi dan bisa tinggal sama ortu.

Awal-awal kuliah, gue ngga langsung bisa nge-kos, tapi wajib tinggal di asrama khusus mahasiswa baru selama setahun. Waktu itu universitas punya tujuan untuk pembinaan antar mahasiswa baru yang datang dari berbagai propinsi di Indonesia, biar pada membaur gitu, ngga cuma temenan sama yang sedaerah aja. Di asrama lah gue akhirnya ketemu beberapa teman akrab yang kemudian punya rencana nge-kos bareng setelah setahun tinggal di asrama. Sebenarnya sih tinggal di asrama udah berasa kayak tinggal di kosan, tapi karena ada peraturan dan keterbatasan yang mengikat dan memaksa (Halah..!), jadi tetap aja beda.

Kalau ditanya susahnya nge-kos, mungkin pas bagian cari-cari kosan itu sendiri. Apalagi yang mau nge-kos rada banyakan kayak gue dan temen-temen yang ada delapan orang! Belum lagi beda orang beda seleranya. Ada yang mementingkan luasnya kamar (mungkin biar bisa bebas jungkir-balik di dalam kamar), ada yang perlu kamar mandi bagus, bersih dan higienis (ini jenis yang suka berlama-lama di kamar mandi), ada juga yang cuek mau kayak gimana asalkan ngga tinggal deket sama yang punya kos (ini sih udah ketauan mau ‘bandel’ pas nge-kos, hihi..),banyaklah macamnya. Karena agak susah nyari kos-kosan yang ada delapan kamar kosong, akhirnya kami ngontrak satu rumah aja yang banyak kamarnya. Kamarnya sih cuma ada lima, kamar yang gede dipake berdua, kamar yang kecilan buat satu orang, jadi cukuplah kami berdelapan tinggal di rumah itu.

Selama kuliah, gue jarang nge-kos bareng teman satu kelas (rame dong..! satu kelas kan bisa nyampe seratus orang.. hehe, ngaco ah!). Gue memang sengaja tinggal bareng teman beda jurusan. Selain karena udah akrab pas selama di asrama, gue jadi banyak tau cerita baru teman-teman di jurusan yang lain. Kan kalo sama yang sejurusan juga, pas pulang yang dibahas topiknya tentang kuliah itu-itu lagi, bisa bosan dong gue. Tapi kalo sama yang beda, pengetahuan gue jadi bisa lebih luas, ngga sempit. Pertemanan juga nambah dari berbagai keilmuan. Toh kalo emang gue mau nanya tugas kuliah, gue tinggal main ke kosan temen sekelas aja kan.

Pengalaman pertama mungkin lebih tepat dibilang pengalaman ngontrak rumah bareng-bareng. Dan memang kalo ngontrak rumah gitu akan berasa lebih bebas daripada kalo kita nyewa satu kamar aja alias bener-bener nge-kos. Kita bisa pake seisi ruangan di dalam rumah sesuka kita. Tapi juga musti bertanggung jawab sama-sama untuk satu rumah itu. Makanya kalo ngontrak rumah bareng teman, harus dimusyawarahkan dari awal gimana pengaturan segala urusannya, kebersihan, keamanan, bayar listrik, air, dll. Pas ngontrak rumah gini jadi tau semua kebiasaan teman-teman kalo di rumah. Ada yang biasanya rapih, suka bersih dan rajin bangun pagi. Ada juga yang cuek, males bersih-bersih, dan suka bangun siang. Hehe, tapi seru kok.

Lanjut ke : INDEKOST (II)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...